Apr 7, 2010

ISTILAH DUNIA INTERNET


Anda dan saya adalah orang-orang pengguna nyata dari dunia maya ini.

begitu luasnya dunia maya ini dan begitu banyak istilah-istilah didalamnya..

ini beberapa yang mungkin sering anda temukan..

semoga berguna:

Hacker

Hacker merupakan penyusup antar komputer atau website dengan memanfaatkan fasilitas security hole yang lemah pada website tersebut. Hacker yang baik (tidak merusak) terkadang juga berguna untuk memberikan informasi mengenai kelemahan sebuah system security yang telah digunakan.

Cracker

Cracker adalah merupakan pemecah kode sistem proteksi sebuah software, misalnya seperti membuat crack serial number atau melakukan suatu cara yang tidak lazim untuk dapat menggunakan lisensi program.

Boom Email

Boom Email adalah sebuah tehnik yang dilakukan oleh seorang hacker untuk menyerang email Anda dengan milyaran pesan pada inbox, sehingga di luar kapasitas daya tampung email tersebut.

Worm

Worm merupakan jenis virus yang masuk pada sebuah sistem komputer dan berkembang dengan menggunakan aplikasi yang menetap di dalam memory. Worm menjalar seperti seekor cacing secara diam-diam di dalam sistem komputer dan sangat sulit dideteksi karena tidak berbentuk file. Namun biasanya computer yang terjangkit virus ini akan terasa melambat ketika menjalankan sebuah program karena space memori diambil sebagian oleh worm tersebut.

Trojan

Trojan merupakan kategori virus, yang bekerja mengumpulkan data-data informasi di dalam Komputer Anda untuk dikirimkan ke pemilik Trojan tersebut secara online. Terdapat juga beberapa crack software yang dapat dikategorikan Trojan karena secara system kerjanya adalah sama.

Encrypt

Encrypt atau enkripsi adalah tehnik yang dilakukan untuk mengacak kata sandi data sehingga menyulitkan orang yang tidak berkepentingan untuk mengaksesnya. Teknik yang digunakan biasanya berupa bantuan tool.

Decryption

Decryption atau dekripsi adalah kebalikan dari enkripsi, berfungsi untuk mendekripsi password yang telah dienkripsi sehingga dapat dijebol. Teknik yang digunakan biasanya juga berupa bantuan tool.

Firewall

Firewall adalah sebuah metode yang digunakan untuk melindungi sebuah sistem pada computer ataupun pada system jaringan yang lebih luas. Firewall berfungsi untuk mengontrol pengiriman keluar/masuk data pada sebuah komputer. Firewall dapat membatasi /menghalangi data yang dikirim dari alamat jaringan tertentu. Pertukaran data antar-PC serta menolak paket yang mencurigakan. Namun terkadang permainan game secara multiplayer juga akan diblokir.

Ping of Death

Ping of Death hampir sama dengan boom email, namun disini yang diserang bukan email melainkan adalah computer. Teknik yang digunakan adalah dengan mengirimkan data dengan file berukuran besar sehingga menyebabkan komputer menjadi hang.

Spam

Spam merupakan email-email yang dikategorikan sebagai sampah. Biasanya isinya berupa iklan-iklan, informasi komersial, dan hal-hal lainseperti iklan situs porno. Terdapat satu jenis spam yang tergolong sangat berbahaya, dimana teknik yang digunakan adalah ketika Anda membuka message dari email tersebut, kemudian diberikan sebuah link untuk dikunjungi. Biasanya website tersebut dibuat familiar dengan Anda seolah-olah seperti konfirmasi dari Yahoo atau Friendster, padahal ini hanya tampilannya saja. Ketika Anda mengakses alamat tersebut secara otomatis semua data penting, seperti username dan password email Anda akan dikirim ke pemilik email tersebut.

Network Scanning

Network scanning adalah sebuah tehnik yang digunakan untuk melakukan scanning pada sebuah jaringan. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan data IP, Port, File data yang keluar masuk melalui jaringan serta merekam aktivitas internet browsing.

Phising

Phising merupakan sebuah bentuk penipuan yang dilakukan lewat internet. Biasanya ditandai dengan permintaan informasi penting login, internet banking, data kartu kredit serta informasi pentig lainnya. Biasanya teknik ini dibuat sedemikian rupa sehingga seolah-olah yang meminta informasi tersebut adalah perusahaan yang bekerjasama dengan Anda. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya mengirimkan data penting, Anda konfirmasi dahulu ke perusahaan yang bersangkutan untuk memastikan apakah ini benar-benar dari perusahaan tersebut.

Web Defacing

Web Defacing adalah merupakan kegiatan hacking dimana merusak atau menggantikan tampilan sebuah website dengan layar yang lain. Hal ini memungkinkan dilakukan karena tingkat security yang dimiliki website tersebut tergolong rendah.

Dari kegiatannya deface dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu :

  • Index Deface, yaitu hanya mengganti halaman utama website tanpa mengganggu webpage yang lain di dalam satu URL.
  • Full Page Deface, yaitu mengganti seluruh tampilan sebuah website di dalam satu URL, sehingga ketika website tersebut dibuka maka semua tampilan dan akses menu tab-nya telah berubah.

Web Spoofing

Web Spoofing adalah merupakan sebuah penipuan yang dilakukan dengan cara membuat sebuah domain palsu yang menyerupai seperti domain yang asli, sehingga ketika seorang user mengakses website tersebut, dia mengira sedang mengakses website yang sebenarnya.

Hal ini sangat berbahaya karena Anda memasukkan data pada alamat website yang salah. Apalagi jika Anda melakukan transaksi kartu kredit, hal ini merupakan sebuah kesempatan besar bagi penjahat untuk mencuri informasi kartu kredit dan data penting lainnya.

Script Kiddies

Script Kiddies adalah sebuah gelar yang dinobatkan kepada seorang hacker atau cracker yang suka melakukan hacking atau cracking menggunakan tool, script, dan software-software yang dibuat oleh orang lain.

No comments:

Post a Comment

MY GUEST

selamat datang di teritori kecilku di dunia maya yang sangat luas..membagi sedikit dari 24 jam sehari disini..dengan menuliskan sedikit dari isi pikiran saya.


thanks to all of u...



regards

google search